Software pengembangan animasi tiga dimensi merupakan software yang banyak digunakan oleh para praktisi dalam bisnis periklanan. Software ini banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan untuk memudahkan pengguna. Discreet 3DS Max merupakan software dimensi tiga yang dapat membuat objek dimensi tiga tampak realistis. Keunggulan yang dimiliki adalah kemampuannya dalam menggabungkan objek image, vektor dan tiga dimensi, serta langsung dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi dimensi tiga dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah movie.
Kemajuan dunia grafik khususnya animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa selaku insan yang bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.
Buku panduan ini disusun dari berbagai macam sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan mengaplikasikan kosep animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software 3ds max. Bahasa dalam buku panduan ini mencakup dasar-dasar modeling dan animasi 3 dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk dapat melatih diri dalam mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka.
Area kerja 3ds max
1. Menu
Berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat.
Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2. Tool Reactor
Berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor.
3. Command Panel
Berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
4. Viewport
Merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5. Main toolbar
Dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat.
Terdapat beberapa main toolbar standar, contohnya seperti gambar dibawah ini :
● Undo
berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
● Redo
Merupakan kebalikan dari undo
● Select and link
Berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
●Unlink selection
Merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
● Bind to space warp
Merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
● Selection filter
Merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
● Select object
Digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
● Select by name
Digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
● Select and move
Digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
● Select and rotate
Digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
● Select and scale
Digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
● Use center flyout
Digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
● Mirror
Digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
● Layer manager digunakan untuk mengatur layer
● Curve editor
Digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
● Material editor
Merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
● Render scene dialog
Digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.